Melalui Program PPIDK 350 Juta, Bupati Harris Resmikan Gedung Serbaguna Sidomukti.

Melalui Program PPIDK 350 Juta, Bupati Harris Resmikan Gedung Serbaguna Sidomukti.

Pangkalan Kuras- Bupati Pelalawan H.M.Harris menghadiri peresmian pembangunan gedung serbaguna di Desa Sido Mukti Pangkalan Kuras.Selasa (08/08).

Kunjungan orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan ini berlangsung meriah,kedatangannya disambut dengan helu dan tepuk tangan dari masyarakat dan siswa siswi SD,SMP dan SMA yang berada di Desa Sido Mukti Pangkalan Kuras ini yang sudah menantikan kedatangan Bupati Pelalawan dua periode ini.

Diagendakan dalam kegitan ini Bupati Harris akan meresmikan pemakaian gedung serbaguna desa sidomukti dan peletakan batu pertama balai desa. Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Pelalawan Baharuddin,Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Zamur Das,Sekretaris BPKAD Hanafie,Kepala Dinas Kesehatan Endid Pratikno,Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Fakhrizal,Camat Pangkalan Kuras Firdaus Wahidin,Perangkat Kecamatan serta Para Kepala Desa dan Masyarakat Desa SidoMukti.

Dalam sambutannya Camat Pangkalan Kuras Firdaus Wahidin mengatakan APBDES Sidomukti Tahun 2017 yakni 1,55 Milyar. Gedung Serba Guna ini dibangun melalui Dana APBDES,  dengan Program PPID dana yang bergulir  untuk pembangunan gedung tersebut 350 juta untuk membangun gedung serbaguna yang dimanfaatkan masyarakat untuk  berolahraga. Mantan Camat Pangkalan Lesung ini juga menambahkan melalui Program CSR beberapa perusahaan tertarik untuk memberikan beasiswa kepada putra daerah di Kecamatan Pangkalan Kuras untuk melanjutkan pendidikan di Kampus ST2P yakni Perusahaan PT Arara Abadi, PT Musim Mas,PT Bretasena, bahkanï sudah ada 2 calon  anak yang akan disekolahkan di ST2P Pelalawan.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pelalawan  Zamur Das Mengatakan  hendaknya dana desa yang sudah di berikan di 114 desa bisa dipergunakan dengan sebaik baiknya dimana dengan dana desa ini dipergunakan untuk kepentingan desa,pergunakan dengan sepatutnya dan jangan ragu ragu dalam melaksanakannya.Ia menambahkan kepada kepala desa agar tertib dan ikuti aturan pedoman dalam melaksanakannya serta ajak masyarakat dalam musyawarah sehingga peran aktif swadaya masyarakat desa berjalan."Imbuhnya.

Selanjutnya ditempat yang sama Bupati Pelalawan H.M.Harris mengatakan bahwa secara nasional dari Kementerian BPPT RI meminta kita dari Kabupaten Pelalawan  menjadi narasumber pemaparan akan dana desa selaras dengan Program Pemkab Pelalawan PPIDK , dimana pemerintah pusat,legislatif DPR RI akan bertanya regulasi dan pemanfaatannya di Kabupaten Pelalawan, karena dibeberapa daerah di Indonesia bergulirnya dana desa ini rentan dengan masalah hukum akan tetapi tidak ditemukan di Kabupaten Pelalawan. Mantan Ketua ADKASI ini mengingatkan kepada Kepala Desa  agar mempergunakan dana desa dengan sebaik baiknya. Hendaknya Kepala Desa bisa memanfaatkan swadaya masyarakat didalam mempergunakan dana desa tersebut untuk pembangunan didesanya.

Melalui pemanfaatan dana desa juga membantu masyarakat didalam bekerja dan membantu menswadayakan masyarakat didalam membangun desa. Perangkat desa hendaknya berhati hati mempergunakan secara administrasi, laksanakan secara tertib sehingga tidak ada permasalahan hukum dikemudian hari.Diharapkan juga melalui program PPIDK kita dapat membangun desa ditengah keterbatasan APBD Kab Pelalawan saat sekarang."Imbuhnya. Usai meresmikan pembangunan gedung serba guna di Desa Sidomukti, Bupati Harris melanjutkan dengan peletakkan batu pertama pembangunan Balai Desa Sidomukti.(rls/ryan)

 

Tweet Share Share
BERITA TERKAIT