Wabup H.Zardewan Hadiri Rakor Nasional Pengendalian Inflasi

Jakarta – Wakil Bupati Pelalawan H.Zardewan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2017 bertempat Ballroom Puri Agung Hotel Said Jaya-Jakarta. Kamis (27/07).Rakor dipimpin oleh Presiden RI Jokowidodo.

Rakornas yang bertemakan Memperkuat Sinkronisasi Kebijakan Pusat dan Daerah guna Mempercepat Infrastuktur dan Tata Niaga Pangan diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) yang mana nantinya akan memperkuat peta jalan (road map) target pengendalian inflasi nasional sebesar 3,5 persen pada 2018 mendatang. Dalam kesempatan tersebut tampak hadir Kapolri, Gubernur BI, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Mendag Enggartiasto Lukita. Selain itu juga di ikuti oleh kepala Daerah Provinsi se- indonesia dan Kabupaten /Kota Se-indonesia 34 gubernur dan 455 bupati/wali kota dari seluruh Indonesia akan mewakili TPID di daerahnya.  yang salah satunya dari Kabupaten Pelalawan dihadiri oleh Wabup H.Zardewan.Dalam Kesempatan ini juga Gubernur BI Memberi Penghargaan TPID Award Tahun 2016. Gubernur BI Agus Martowidjoyo dalam kesempatan itu mengatakan inflasi yang dialami daerah saat ini cukup rendah berkisaran 2,5 persen hingga 4,5 persen. "Yang agak tinggi inflasi hanya terjadi di Pulau Sumatera kisaran 4,53 persen sedangkan Kalimantan 3,4 persen dan Jawa 2,9 persen," ujarnya.

Ditambahkannya lagi, untuk daerah Timur Indonesia tercatat juga rendah seperti Sulawesi 2,27 persen, Bali dan Nusa Tenggara 2,93 persen, Maluku dan Papua 3,07 persen.

"Hingga pertengahan tahun ini, Inflasi IHK Nasional baru mencapai 2,37 persen. Cukup terkendalilah," sebut Dia lagi.

Disamping itu juga, Gubernur BI sangat mengapresiasi kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang mampu menjaga tingkat inflasi disetiap daerah tetap rendah.

"Pemerintah sangat menghargai setiap usaha daerah untuk menjaga kestabilan harga sampai kelancaran distribusi hingga ketersediaan pasokan pangan ditengah-tengah masyarakat," kata Agus Martowidjoyo.

Sementara itu Wabup H.Zardewan mengatakan sangat berharap kedepannya Kabupaten Pelalawan akan dapat menekan laju inflasi seperti.yang diharapakan pemerintah. "Semoga Pelalawan bisa mendapatkan TPID Award seperti yang diterima daerah lain saat ini saat diwawancarai salah satu media online," ungkap Zardewan. (rls khareli /ryan )

Tweet Share Share
BERITA TERKAIT