Pemkab Pelalawan Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Pemkab Pelalawan Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Pangkalan Kerinci - Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN ) Pemkab Pelalawan melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Pelalawan Pangkalan Kerinci. Sabtu (01/06).

Dalam peringatan tersebut bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Pelalawan H.M.Harris.

Peringatan hari pancasila pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana bertepatan dengan cuti bersama Peringatan Hari Besar Keagamaan yakni Hari Raya Idul Fitri 1440 H atau tahun 2019 dan juga bertepatan dalam suasana bulan suci ramadhan.

Bupati Pelalawan H.M.Harris membacakan amanat pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).Harris mengatakan Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang azasi harus terus diperjuangkan demi keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis, dan juga sosiologis masyarakat.Semua ini hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengalaman akan nilai-nilai Pancasila semua itu harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari.Sebagai negara dan bangsa yang inklusif serta tidak chauvisi diperlukan pengelolaan unit kultural dan juga unit politik secara dialektis.Maksud dari ini semua adalah keberagaman yang ada maka secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun Tamansari Kebudayaan, yang memungkinkan semua mahkluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat dimana Indonesia dan Pancasila merupakan rumah kita ,warga masyarakat semua.

“Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama juga bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” ungkap Harris membacakan amanat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Haryono.

Di samping itu, kondisi demikian tentunya dapat berkembang melalui budaya dan politik kewarganegaraan yang demokratis. Budaya politik yang tidak menimbulkan ketakutan.

“Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur,” sebut Harris.

Dilanjutkannya, melalui Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni ini, perlu di jadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,” sebut Bupati Pelalawan.

Kita, lanjutnya, bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun dan damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. “Kita Indonesia, kita Pancasila,” pungkas HM Harris mengakhiri.

Tampak hadir yakni Wakil Bupati Pelalawan H. Zardewan, Sekretaris Daerah (Sekda) Pelalawan Tengku Mukhlis, sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pelalawan, dan Peserta Apel ASN Pemkab Pelalawan .(rls/ryan)

Tweet Share Share
BERITA TERKAIT